keindahan tempat wisata pantai merah muda di pulau komodo NTT yang membius wisatawan


Tempat wisata indonesia - Pink Beach pulau komodo yaitu pantai yang ber pasir warna merah muda. Pantai Pink Beach merupakan pantai yang terbilang unik dengan butiran pasir yang berwarna merah muda . Pantai “Pink Beach” atau lebih di kenal dengan sebutan pantai merah muda terletak pada Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.



Pantai Merah muda merupakan satu dari 7 pantai berpasir merah muda yang ada di dunia. ke 7 pantai merah muda tersebut hanya terdapat di Pink Beach di Harbor Island, Bahamas; Bermuda; Santa Cruz Island, Filipina; Sardinia, Itali; Bonaire, Dutch Caribbean Island; dan di Balos Lagoon, Crete, Yunani.

Betapa luar biasa Wisata alam Indonesia; yang memiliki satu di antara tujuh pantai berpasir merah muda ternyata dapat ditemukan di salah satu propinsi negeri tercinta indonesia ini.

Kawasan Taman Nasional Komodo selain merupakan lokasi pantai Merah Muda (pink beach), juga tempat perlindungan makhluk raksasa dan purba yang hanya terdapat di Indonesia yaitu Komodo. Taman Nasional Komodo sudah dinobatkan menjadi salah satu keajaiban dunia. Selain kondisi pantainya yang unik dan indah, kehidupan bawah laut di Pink Beach juga menyimpan keindahan dan kekayaan yang menarik untuk diselami.

baca juga artikel terdahulu :
Bumi perkemahan ranca upas ciwidey bandung

Taman bawah laut Pink Beach merupakan istana dari bermacam jenis ikan, ratusan jenis bebatuan karang, serta beragam jenis biota laut. maka wajar saja diving adalah aktivitas yang tidak boleh anda dilewatkan

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti dari mana asal muasal warna pasir merah muda yang cantik ini. Beberapa berpendapat bahwa warna pink berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati dan memang banyak ditemukan di pantai ini.



Pendapat lain menerangkan warna pink pasir Pink Beach merupakan adanya hewan mikroskopik bernama foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada terumbu karang.

Rute dan Transportasi pantai merah pulau komodo

Pantai merah adalag pulau tak berpenghuni serta sepi. untuk sampai ke pantai ini dapat ditempuh perjalanan dengan menyewa kapal maupun speed boat dari Labuhan Bajo.

jika anda mengikutu Paket tur perjalanan wisata biasanya akan membawa Anda ke Pulau Rinca lalu kemudian ke Pulau Komodo . Dari Labuan Bajo menuju Dermaga Loh Buaya di Pulau Rinca memakan waktu sekitar 45 menit perjalanan.

pada pulau komodo tersebut Anda dapat melihat langsung komodo liar yang hidup serta berkembang biak di habitat aslinya perjalanan Dari Dermaga Loh Liang, sebuah dermaga di Pulau Komodo, diperlukan waktu sekira 30 menit perjalanan dengan kapal untuk menginjakkan kaki di pulau pink Beach, pantai yang warna pasirnya tidak biasa ini.

Apabila Anda berminat trekking melalui tebing-tebing karang dan hutan bakau, dibutuhkan waktu sekira 4 jam berjalan kaki sebelum akhirnya tiba di pantaiPink Beach.

Di Labuan Bajo juga terdapat banyak kapal- kapal LOB (Live Aboard) yang biasanya disewa oleh penyelam yang dapat sekaligus berfungsi sebagai tempat menginap selama menelusuri pesona Flores. Kapal ini dapat juga menjadi pilihan alat transportasi Untuk mencapai Labuan Bajo

alternatif lain terdapat juga penerbangan dari Denpasar dengan pesawat kecil sejenis Fokker menuju Bandara Komodo selama kurang lebih 1 jam perjalanan ,sementara Dari bandara menuju pelabuhan Labuan Bajo membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit perjalanan darat Anda juga dapat menyewa mobil untuk menuju pelabuhan bajo

Tips penting saat ke pink beach pulau komodo

  • membawa perbekalan makanan / minuman
  • membawa pakaian ganti
  • membawa topi, kacamata hitam
  • meminta pengawalan jagawana (polisi hutan) atau guide berpengalaman


Kegiatan yang bisa di lakukan di pantai merah muda NTT
Pantai Merah Muda (pink beach) merupakan pulau yang tak berpenghuni dan sepi sehingga kelesatarian alam dari pantai ini tetap terjaga keaslianya Di pantai ini terdapat bukit memanjang dari ujung pantai ke ujung lainnya sehingga menambah keindahan dari pantai ini. Berada di pantai yang indah, tenang dan menakjubkan merupakan tempat yang ideal untuk relaksasi.

Warna air laut yang tampak hijau toska dan sangat jernih merupakan pemandangan yang tidak boleh dilewatkan. Selain itu, karang-karang yang ada di laut dapat dilihat dengan mata langsung. Snorkeling dan diving merupakan kegiatan yang wajib dilakukan di sini mengingat kondisi taman bawah lautnya yangh masih terjaga dan banyaknya keanekaragaman hayati yang penuh warna: ribuan jenis ikan, ratusan terumbu karang serta masih banyak lagi

Selain snorkeling juga diving, di pantai ini juga merupakan tempat yang pas lagi bagus untuk berjemur di pasir yang lembut serta pantai yang begitu cantik. Pemandangan Matahari tenggelam di pantai ini juga terkenal tampak menakjubkan jadi sebaiknya anda membawa kamera untuk mengabadikan moment pemandangan alam luar biasa ini

hotel dan penginapan di sekitar pantai merah muda
Mengingat Pink Beach adalah pantai tak berpenghuni dan berada di kawasan yang terbilang terpencil, kebutuhan penginapan dan akomodasi lainnya dapat anda temukan di Labuan Bajo.

alternatif lain anda dapat menyewa kapal- kapal LOB (Live Aboard) yang biasanya disewa wisatawan atau penyelam. Kapal ini dapat sekaligus berfungsi sebagai tempat menginap selama menelusuri pesona pulau-pulau di sekitar Taman Nasional Komodo dan Pulau Flores.

Berikut adalah beberapa hotel di Labuan Bajo yang dapat menjadi rekomendasi bagi Anda.

La Prima Hotel
jln. Pantai Pende No. 8, Labuan Bajo
Telp: +62 385 41700

Hotel Bintang Flores
Telp: +62 385-42000

Komodo Resort & Diving Club
Tj. Pelinta, Sebayur Island, Komodo Manggarai Barat, Flores, NTT

Labuan Bajo Office
Jl. Soekarno Hatta, Kampung Cempah Labuan Bajo, Komodo, Manggarai Barat, NTT
Telp: +62 385 42095
Fax: +62 385 42094

judul artikel :
pantai merah muda pulau komodo

0 Response to "keindahan tempat wisata pantai merah muda di pulau komodo NTT yang membius wisatawan"

Post a Comment